Minggu, 12 April 2009

Padepokan Musa Asy'arie


Pendiriannnya diresmikan pada tanggal 31 Desember 2008, sebagai lembaga independen yang mengabdi pada sesama dan memberikan kontribusi pada kemajuan bangsa dan peradaban.
Menghargai dan menjunjung tinggi egalitarianisme, pluralisme, dan mendasarkan diri pada kekuatan spiritualitas dan intelektualisme. Padepokan didirikan untuk mencerdasan kehidupan bangsa, memberikan kontribusi pada kemajuan bangsa dan peradaban dalam dimensi spiritualtas, intelektual, kebijakan dan kerja pengabdian, tanpa membedakan asal-usul agama, etnis, idiologi, gender dan golongan.
Padepokan sangat menghargai pemikiran dan gagasan kreatif dari kalangan manapun, tradisi keagamaan, keimanan, dan karya-karya intelektual darimanapun asalnya. Padepokan juga hendak melakukan kontekstualisasi tradisi pemikiran keagamaan yang didasarkan pada kemanusiaan, menjunjung tinggi kebenaran, ketulusan, kebersamaan, dan etika kemanusiaan universal, untuk kemajuan bangsa dan peradaban.

Visi
Mengalir jauh menghidupi sesama

Tujuan
Bekerja untuk memberikan kontribusi dan pengabdian terbaik pada kemajuan bangsa dan peradaban, padepokan bertujuan untuk:

(1) Memberi ruang pada semua pemikiran kreatif anak bangsa, tanpa memandang asal usul agama, etnis, gender, ras, dan golongan;
(2) Menghargai karya kreatif anak bangsa dari golongan manapun, dan dalam bidang apapun;
(3) Memberikan spirit pencerahan pada peradaban dan kemajuan bangsa agar tidak menjadi bangsa yang banal;
(4) Mengayomi, merawat serta melanjutkan tradisi keilmuan dan spiritualitas anak bangsa yang berjiwa kemanusian untuk semua;
(5) Menjadi ruang untuk tumbuhnya gagasan paradigmatik yang berguna bagi kemajuan bangsa untuk keadilan dan kesejahteraan rakyat.

Program kegiatan

Padepokan memiliki program-program utama di bidang pendidikan, pelatihan dan pemberdayaan ekonomi rakyat sebagai berikut:

1. Divis Pendidikan dan pelatihan, bertujuan untuk transformasi keilmuan, pengetahuan dan ketrampilan di bidang pemikiran filsafat, politik, demokrasi, pembangunan perdamaian, kebijakan publik, hak-hak asasi manusia, ekonomi pembangunan, kesejahteraan sosial, media massa dan budaya;
2. Divisi pemberdayaan ekonomi kerakyatan, bertujuan Meningkatkan kesejahteraan pelaku ekonomi rakyat, Memberikan pelayanan kepada pelaku ekonomi rakyat untuk meningkatkan taraf hidupnya, Membentuk perhimpunan pelaku ekonomi rakyat seluas-luasnya
3. Divisi Manajemen Berfikir Multidimensi, pelatihan dalam bidang penalaran dan spiritualitas, membangun pemikiran yang membebaskan, mencerahkan dan membangun rasionalitas spiritual untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.